MEMBOYONG PUTRI KERATON YOGYA SEBAGAI DAYA TARIK INVESTOR

8 Jun

Siang yang terik di Kelurahan Karangwaru, Sleman-Yogyakarta tidak menyurutkan langkah pewarta komunitas, Buono, untuk menyusuri aliran kali buntung yang sekarang berubah menjadi Karangwaru Sideriver, Jum’at 7 Juni 2013 lalu. Kali Buntung yang dahulunya kotor, kumuh dan angker kini berubah 108 derajat menjadi asri indah dan enak untuk tempat nongkrong. Kali sepanjang 126 meter tersebut di kanan dan kiri bantarannya dijadikan arena bermanin, gazebo, ruang informasi dan riverwalkGambar

            Berawal dari Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK)   yang digunakan untuk membenahi kali Buntung yang membelah kelurahan tersebut, kini sungai yang biasanya dijadikan sebagai ruang belakang rumah menjadi ruang depan. Untuk menarik infestor dalam mengembangkan Karangwaru Riverside, BKM Karangwaru menggandeng putri Sultan Hamengku Buwono IX dengan menggelar Taklshow di lokasi tersebut. Hasilnya, animo investor sangat besar, bahkan investor dari Jakarta pun ikut berpartisipasi dalam pengembangan wilayah tersebut. Kini Karangwaru Riverside menjadi destinasi wisata global di Yogyakarta.

 Gambar

    Gambar

   Mewujudkan semua impian warga Karangwaru tidaklah semudah membalikkan tangan. Awalnya banyak warga yang menolak untuk menyisihkan sebagian tanahnya untuk digunakan mewujudkan karangwaru riverside, dengan kerja keras jajaran pemerintah kelurahan, LPMK, BKM dan relawan akhirnya impian itu terwujud juga. Tahun 2012 stage 1 mulai dilaksanakan, bantaran kali sepanjang 126 meter tersebut kini di kiri dan kanannya sudah menjadi ikon wilayah kelurahan tersebut dengan dana PLPBK sebesar 1 miliar, dan BKM Karangwaru saat ini sedang membangun ruang terbuka hijau yang terletak di lapangan kelurahan tersebut. Kedepan akan dilakukan pembangunan Karangwaru riverside untuk stage 2 hingga stage 6 dengan biaya dari investor yang berlokasi di terusan kali Buntung dan kali Code.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: